• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • RSS Feed

Saturday, November 28, 2009

Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe

No comments:
 
Arti yang tersurat
Sepi di dalam pamrih pengharapan, ramai dalam kerja
Sepi : sepi tidak ada apa-apa atau sesuatu
Ing : di dalam
Pamrih : pamrih, pengharapan
Rame : ramai, hingar bingar
Gawe : kerja, pekerjaan

Arti yang tersirat
Setiap orang yang mau menolong orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan apapun baik berupa pujian ataupun imbalan secara materi merupakan suatu prinsip atau sikap hidup orang Jawa yang sebenarnya. Jadi apabila suatu orang menolong dengan maksud memperoleh Imbalan, maka bisa dikatakan ia bersikap tercela, sikap yang tidak ikhlas tidak mendapatkan balasan dari Tuhan.

Nilai yang terkandung
Masyarakat Jawa terkenal dan identik dengan kerukunan dan sikap tolong menolong serta gotong royong bekerja sama antar satu dengan yang lain. Secara etimologis sendiri, kata gotong royong terdiri dari 2 kata yaitu gotong yang berarti menjunjung, royong yang berarti secara bersama-sama.
Sikap tolong menolong serta gotong royong dalam masyarakat di Jawa merupakan system pengikat masyarakat yang harus dipertahankan kelangsungannya. Dalam gotong royong akan sangat terlihat unsur memberi dan menerima. Alangkah baiknya apabila sikap ini tanpa ada pengharapan apapun.

Falsafah
Manusia disebut juga homo socius atau makhuk sosial. Hal ini mengandung maksud bahwa manusia selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Dalam kehidupan masyarakat Jawa, hidup sebagai manusia diantara manusia lain mempunyai arti yang tinggi sejauh manusia itu sadar akan kehidupan masyarakatnya. Nilai seseorang ditentukan oleh masyarakat. Nilai ini diukur dari standar norma, yaitu kepatuhan terhadap norma yang berlaku dan pemenuhan kewajibannya dalam masyarakat itu sendiri.

Pengaruhnya dalam kehidupan modern
Ungkapan ini punya pengaruh yang besar dalam masyarakat terutama dalam hal dedikasi dan partisipasi dalam aktivitas sosial.

No comments:

Post a Comment

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff